mio s

Beberapa Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Kesayangan

Memiliki sepeda motor harus memperhatikan segi perawatannya. Hal ini menjadi lumrah karena komponen – komponen pada sepeda motor memiliki spesifikasi perawatan sendiri. Untuk itu, mengerti akan fungsi dan kegunaan dari setiap komponen wajib diperhatikan bagi para pengendara sepeda motor.

Kendaraan roda dua ini memang pada dasarnya difungsikan sebagai kendaraan pengangkut yang mampu menjelejah hingga ribuan kilometer. Tentu semakin sering sepeda motor dipakai, maka kendaraan tersebut harus sering di cek setiap bagian – bagiannya. Bila pada jangka waktu tertentu semisal mesin motor tidak di cek, maka sudah pasti performanya akan turun atau terjadi kerusakan. Kejadian seperti ini sudah seharusnya dihindari agar sepeda motor tetap awet.

Di dalam perawatan sepeda motor, para pengguna kendaraan ini biasanya menggunakan jasa layanan bengkel. Baik yang merupakan bengkel resmi dari pabrikan ataupun yang biasa. Namun demikian, dengan menyervis sepeda di bengkel sering kali tak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Karena dari beberapa kejadian, sebagian bengkel tidak mengecek satu per satu komponen saat tejadi kerusakan. Sehingga saat digunakan kembali, sepeda motor akan kembali bermasalah.

Untuk itu, cara yang paling mudah untuk merawat sepeda motor kesayangan Anda adalah dengan merawatnya sendiri di rumah. Sudah banyak tutorial cara merawat sepeda motor mudah yang dapat dilakukan di kediaman Anda. Selain itu, pemahaman terhadap spesifikasi motor juga wajib diketahui agar pada saat motor diservis tidak menimbulkan kerusakan – kerusakan lain. Nah berikut ini akan kami berikan cara mudah merawat sepeda motor kesayangan Anda yang bisa dilakukan di rumah.

1. Rutin Ganti Oli

Salah satu cara merawat motor mudah yang sering kali dilakukan adalah dengan cara mengganti oli rutin. Pada dasarnya kegunaan oli ini adalah sebagai bahan pelengkap pada saat mesin motor melakukan proses pembakaran. Jika dilakukan secara terus menerus, oli akan berubah warna menjadi hitam pekat. Biasanya dalam mengganti oli pada saat spidometer menunjukkan sepeda motor telah menempuh jarak kurang lebih 2000 kilometer. Jika digunakan normal berkendara di jalanan kokta, maka penggantian oli ini dilakukan sekitar dua hingga tiga bulan sekali. Namun untuk menjaga performa mesin agar tetap stabil, kami sarankan untuk mengganti oli setiap dua bulan sekali. Hal ini penting dilakukan agar mesin tidak mudah panas serta menjaga performanya tetap stabil.

2. Panaskan Sepeda Motor Setiap Pagi

Cara mudah selanjutnya yang bisa dilakukan agar motor terawat dengan baik adalah dengan setiap pagi hari memanaskan mesin motor. Ini artinya sebelum digunakan beraktivitas, motor harus dinyalakan terlebih dahulu selama 5 hingga10 menit. Agar sirkulasi oli dapat merata ke seluruh komponen mesin. Jadi sebelum digunakan, sepeda harus “pemanasan” dulu agar performanya tetap stabil dan tak mudah mati saat dikendarai.

3. Rutin Cuci Motor

Selain mengganti oli dan memanaskan sepeda motor di pagi hari, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan agar performa motor tetap baik adalah dengan secara rutin mencuci motor Anda. Hal ini sangat penting dilakukan loh gaes. Selain menjaga kebersihan motor, juga dapat berfungsi agar kotoran-kotoran yang menempel tidak masuk ke mesin. Yang nantinya akan mempengaruhi kerja mesin menjadi tidak stabil. Minimal satu minggu sekali Anda harus mencuci motor. Nah itu dia beberapa tips menarik merawat motor mudah di rumah. Cukup mudah dilakukan, bukan?